Panen Durian Desa Pematang Kec. Banua Lawas

Posted by Admin BPD Pematang on 02.16.00 with No comments
Durian Di Kampung Durian Runtuh
Durian lokal kampung durian runtuh

Selamat datang di Kampung Durian Runtuh

Januari 2018, selain musim hujan sekarang juga bertepatan dengan musim durian. Beribu-ribu buah durian hilir mudik membanjiri pasar khususnya di kecamatan kelua. Kab. Tabalong. Kalimantan selatan.
Sepanjang jalan di sekitar pasar kelua di penuhi penjual buah khususnya durian. Dari ukuran yang kecil hingga besar, dari yang berdaging tipis hingga yang tebal juga ada. Kebanyakan merupakan jenis durian lokal. Namun jangan salah, Banyak orang sepakat durian lokal menawarkan sensasi rasa yang berbeda dengan jenis lainnya.
Kampung durian runtuh
Penjual durian di kampung durian runtuh
Durian ini berasal dari berbagai desa di sekitar kelua. Salah satu desa yang banyak mengeluarkan buah duriannya adalah Kampung Durian Runtuh. Jika sedang berada di sekitar Kelua atau amuntai, Lokasinya dapat di tempuh kurang lebih 15 hingga 20 menit perjalan dengan kendaraan bermotor atau mobil
Kampung durian runtuh sendiri sebenarnya hanya julukan yang di berikan masyarakat. Mungkin karena banyaknya durian yang berjatuhan ketika di tiup angin ataupun karena memang Sudah waktunya jatuh karena buahnya sudah matang.
Pengunjung sedang menawar durian
pengunjung sedang membeli buah durian
Di Kampung Durian Runtuh terdapat ratusan pohon durian. Dilihat dari diameter batangnya durian-durian di sini di perkirakan mungkin telah berumur setengah abad. Untuk mendekap Batangnya saja mungkin perlu 2 hingga 3 orang dewasa.
Dilihat dari posisi tanaman, pohon durian disini tampak tidak beraturan. Tak seperti perkebunan pada umumnya, pohon durian kebanyakan berdempet dempetan dengan pohonpohon lain seperti karet, langsat, rambutan dan sebagainya. Namun hal ini juga memberikan sensasi tersendiri layaknya tersesat di hutan Yang penuh dengan durian.
Dimana kampung durian runtuh
IMG_20180109_073121
Peta lokasi kampung durian runtuh
Kampung durian runtuh berada di Desa Pematang RT.04. Desa pematang Sendiri merupakan salah satu Desa di daerah pemerintahan Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong.
Bagaimana Rute menuju Kampung Durian Runtuh
IMG_20180109_071524
Rute yang bisa di tempuh menuju ke kampung durian runtuh
Dilihat dari peta wilayah, Desa pematang dapat di capai dengan Rute sebagai berikut
1. Bagi yang berada di hulu sungai Utara Bisa mengambil rute lewat Sungai turak – Sungai Durian – pematang Atau terus lurus ke arah Kelua. Tepat setelah tugu perbatasan Hulu Sungai Utara – Tabalong ada pertigaan belok kiri. Maka setelah melewati desa Kuala Perak kita telah sampai di Desa pematang.
2. Bagi yang berada Di daerah Kabupaten Tabalong rute yang bisa di ambil Yaitu setelah sampai di Kecamatan kelua lurus hingga melewati kecamatan Pugaan Dan sebelum Tugu perbatasan Tabalong – Hulu Sungai Utara belok kanan. Setelah melalui desa kuala perak kira telah sampai di desa pematang.
Untuk yang berada di daerah Kab. Tabalong bisa juga mengambil jalan alternatif lewat desa Sei Anyar – Desa Hariang – Desa Pematang. Atau untuk yang berada di sekitar Banua Lawas dapat mengambil Rute Banua Lawas – Bungin – di pertigaan Sei durian ambil Kiri.
IMG_20180108_171655
Hati-hati jalannya sedikit berlumpur
Kondisi jalan menuju Kampung Durian Runtuh terbilang cukup bagus, mau datang dari daerah Hulu Sungai Utara ataupun Daerah Tabalong jalan yang yang di lewati semua telah beraspal. walaupun terdapat beberapa lubang kecil namun tidak seberapa. Maka bisa di katakan tidak perlu khawatir perjalanan kita akan sulit.
IMG_20180108_170112
Pembeli sedang tawar menawar dengan penjual durian
Berbeda lagi di Lokasi daerah Kampung Durian Runtuh, kita harus sedikit berhati” karena jalannya masih berupa urukan sirtu. Berhubung sekarang musim hujan di beberapa titik jalannya berlumpur namun masih tetap bisa di lewati dengan sepeda motor.
Banyak di antara pengunjung memilih memarkirkan kendaraannya di depan gang dan memilih berjalan kaki.
Di area dalam kita akan menemui meja meja sederhana yang di buat pemilik pohon durian untuk menjual Durian yang telah di kumpulkan. Durian jatuh dari pohon langsung di susun di atas meja berdasarkan ukuran besar kecil durian.
Selain itu
Di sana terdapat gubuk atau ladang sederhana milik yang Memiliki pohon Durian.
IMG_20180108_171839
Gubuk tempat pemilik menunggu durian jatuh
Gubuk ini adalah tempat yang di gunakan untuk bermalam sembari menunggu Durian Jatuh dari pohonnya dan untuk berjaga-jaga agar Duriannya tidak di Curi orang yang tidak bertanggung jawab.
Apa yang di tawarkan kampung durian runtuh?
Menikmati buah durian Langsung dari pohonnya.
Ada sensasi lain ketika menikmati durian di pohonnya langsung daripada membelinya di pasar. Dengan membeli langsung, pembeli dapat memastikan bahwa buah yang di belinya merupakan buah yang matangnya sempurna sehingga rasa yang di dapat pun juga maksimal.
Harga lebih murah.
Karena Kebanyakan langsung di jual oleh pemiliknya durian di sanapun bisa di katakan lebih murah. Terlebih kita bisa negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik.
Harga durian di sana berkisar dari Rp.15.000 – hingga Rp. 75.000 / buah tergantung ukuran besar kecilnya buah durian tersebut. Jika pintar menawar harga, mungkin kita bisa mendapatkan harga lebih murah. Namun jangan terlalu juga menawarnya.
Dan terakhir..
Ayo buruan Kesana…
Selain di jual di meja meja sederhana, durian disini juga di jual kepada pengepul.
Jika terjadi kesepakatan, tidak jarang pengepul memilih untuk memborong satu pohon penuh durian untuk di petik habis. Jika hal demikian terjadi maka Bisa di pastikan musim durian akan cepat berlalu..
Jadi sebelum terlambat yuk berkunjung…
Jangan lupa di share biar yang lain juga ikut Ya..

Sumber : https://ampunipin.wordpress.com/2018/01/10/berkunjung-ke-kampung-durian-runtuh/
Categories: